Relasi: Pengertian dan 3 contoh soal disertai pembahasanya

Diposting pada

Relasi

Beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan PEMILU serentak, sebelum hari H pelaksanaan pemilihan diawali dengan kegiatan kampanye masing masing calon baik legislative maupun presiden. Setelah sekian proses yang panjang, dari pendaftaran, kampanye dan hari pelaksanaan pemungutan suara diperoleh hasil perhitungan suara sesuai pilihan rakyat. Setiap orang memilih sesuai keinginan dan hati nurani masing masing, ada yang sama dan tentu saja ada yang berbeda.

Dari sepenggal cerita di atas, perlu kalian ketahui bahwa pilihan setiap orang dengan calon wakil rakyat yang dipilih merupakan salah satu contoh bentuk relasi. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud relasi disini?

 

Pengertian relasi

Sederhananya, relasi adalah hubungan.

Relasi dari himpunan A dengan himpunan B misalnya, maka akan terdapat hubungan langsung dari anggota himpunan A yang di pasangkan dengan anggota himpunan B, baik hubungan satu satu maupun lebih dari satu.

 

Cara Menyajikan Relasi

Relasi biasa dinyatakan dengan beberapa cara, tiga yang sering digunakan adalah

Diagram panah

Diagram panah merupakan cara paling sering digunakan dan dianggap paling mudah dari dua cara lainya. Sebagai contoh, dimisalkan terdapat tiga orang anak yaitu Dewa, Fina dan Louik diminta menyebutkan binatang peliharaan kesayangan mereka. Dewa menyukai kucing dan burung dara, Fina menyukai kucing sedangkan Louik memelihara hamster.

Dari contoh tersebut, dapat disajikan diagram panah dengan nama-nama manusia sebagai satu himpunan dan nama hewan kesayangan sebagai himpunan lainnya. Diagram panahnya dapat disajikan seperti gambar berikut

Ilustrasi tersebut merupakan ilustrasi relasi antara himpunan A beranggotakan tiga orang dengan himpunan B beranggotakan hewan hewan peliharaan kesayangan. Relasi antara anak anak dengan hewan kesayangganya dihubungkan dengan anak panah.

Baca Juga  Seekor amoeba berkembang biak dimana jumlahnya mengikuti fungsi At=A0 x 2^t

 

Himpunan Pasangan Berurutan

Selain diagram panah seperti yang telah disampaikan di atas, hubungan dua himpunan juga dapat dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan.

Sebagai contoh missal relasi antara Dewa, Fina dan Louik dengan binatang kesayangannya akan dinyatakan dengan himpunan pasangan berurut sebagai berikut

Pertama mari kita catat hal hal penting pada soal

  • Dewa menyukai kucing dan burung dara
  • Fina menyukai kucing
  • Louik memelihara hamster

Dengan demikian, kita bias memasangkan dalam himpunan pasangan berurutan

H = {(Dewa,kucing), (Dewa, dara), (Fina, kucing), (Louik, hamster)}

Himpunan H merupakan himpunan pasangan berurutan, himpunan seharusnya diawali dengan nama himpunan kemudian tanda sama dengan diikuti kurung kurawal buka, masing masing pasangan sebagai anggota himpunan ditulis dalam tanda kurung dipisahkan dengan tanda koma, penulisan himpunan diahiri dengan kurung kurawal tutup.

 

Diagram kartesius

Cara ketiga dengan menggunakan diagram kartesius. Misalnya dari contoh terdapat tiga orang anak yaitu Dewa, Fina dan Louik diminta menyebutkan binatang peliharaan kesayangan mereka. Dewa menyukai kucing dan burung dara, Fina menyukai kucing sedangkan Louik memelihara hamster.

Dapat dinyatakan dengan diagram kartesius sebagai berikut

Missal

A = {Dewa, Fina, Louik}

B = {kucing, dara, hamster}

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal latihan

  1. Diketahui himpunan P={2, 4, 6, 7} dan himpunan Q={1, 4, 16, 25, 36, 49}. Relasi antara himpunan P dan Q adalah “akar dari”.
  1. Gambarkan diagram panah relasi P dan Q
  2. Simpulkan jenis fungsi pada relasi tersebut

Pembahasan

Jawaban pertanyaan a

Jawaban pertanyaan b

Dari diagram tersebut pada jawaban a dapat disimpulkan bahwa relasi dari P dan Q merupakan fungsi Injektif karena masing-masing anggota Q memiliki satu pasangan dari anggota P akan tetapi tidak semua anggota Q memiliki pasangan dari P.

 

  1. Diketahui himpunan A={2, 3, 4} dan himpunan B={3, 6, 8}, gambarkan dengan diagram panah relasi himpunan A dan himpunan B yang menyatakan “factor dari” !
Baca Juga  Penyelesaian dari sistem persamaan tiga variable berikut adalah

Pembahasan

  1. Nyatakan dalam himpunan pasangan berurutan relasi “factor dari” antara himpuan A dan B pada soal nomor dua!

Pembahasan

F = {(2, 6), (2, 8), (3, 3), (3, 6), (4, 8)}

 

Demikian sajian materi Relasi dan contoh soal serta pembahasannya

 

 

Semoga bermanfaat.